Kamis, 26 November 2009

Sejarah Jepang Sampai Zamam Tokugawa

Periode dari sekitar tahun 8000 sampai tahun 300 sebelum masehi, periode ini disebut periode Jomon menurut gaya barang tembikar Jomon (bertanda tali). Berikutnya periode tahun 300 sebelum masehi sampai tahun 300 masehi disebut periode Yayoi menurut barang tembikar yang dibuat dari roda canai. Dan menjelang abad keempat suatu otoritas politik yang kuat berpusat di Yamato (sekarang Prefektur Nara), memerintah bangsa Jepang. Periode dari abad keempat sampai abad keenam terjadi perkembangan besar dalam bidang pertanian dan masuknya kebudayaan Cina termasuk agama Kong Fu Tse dan Budha melalui Korea. Pada akhir abad keempat, terjalin hubungan antara Jepang dan kerajaan-kerajaan di semenanjung Korea. Dari Korealah masuknya keterampilan industri ke Jepang, seperti tenun, pengelohan logam, penyamakan kulit, dan pembuatan kapal.

Bentuk tulisan Cina yang berdasarkan huruf ideografi, diambil dan dipakai, dari sinilah orang Jepang belajar prinsip-prinsip dasar ilmu kedokteran, perputaran kalender dan astronomi, dan falsafah ajaran Kong Fu Tse. Agama Budha masuk ke Jepang pada tahun 538 dari India melalui Cina dan Korea. Sistem pemerintahan Cina oleh para penguasa Jepang dijadikan pola untuk membuat system sendiri.

Ibu kota pertama didirikan di Nara pada permulaan abad kedelapan. Lebih dari 70 tahun, mulai tahun 710 sampai 784, keluarga Kaisar Jepang berdiam disana sambil perlahan-lahan memperluas kekuasaannya keseluruh negeri. Sebelumnya, ibukota atau tempat singgasana, sering kali dipindah-pindahkan di daerah sekeliling kota Nara, Kyoto, dan Osaka.

Pada Tahun 794, sebuah ibukota baru dibangun di Kyoto. Pemindahan ibukota ke Kyoto menandakan permulaan masa Heian yang berlangsung sampai tahun 1192. Masa ini merupakan masa jaya bagi perkembangan kesenian di Jepang. Ciri yang paling khas dalam masa ini adalah pengembangan aksara Jepang. Penguasaan kerajaan secara berangsur terlepas dari tangan istana dan menjadi rebutan antara dua keluarga militer yang bersaing yaitu, keluarga Minamoto dan keluarga Taira, mereka adalah keturunan dari kaisar-kaisar yang terdahulu. Mereka bertarung dalam petarungan yang paling termasyhur dalam pertengahan Jepang yang rusuh. Akhirnya keluarga Minamoto keluar sebagai pemenang. Pertempuran tersebut adalah Dannoura di Laut Dalam pada tahun 1185. Kemenagan Minamoto merupakan permulaan dari tujuh abad penguasaan feudal dibawah suatu deretan shogun atau penguasa militer. Pada tahun 1192, Yoritomo, pemimpin keluarga Minamoto mendirikan keshogunan atau pemerintahan militer di Kamakura, dekat Tokyo sekarang. Masa Kamakura demikian sebutan untuk masa keshogunan Yoritomo. Era ini adalah era berlakunya Bushido – cara samurai, atau kesatriaan Jepang.

Pada tahun 1213, terjadi perpindahan kekuasaan dari pihak Minamoto ke pihak Hojo, yaitu keluarga isteri Yoritomo. Selanjutnya dilanjutkan pemerintahanan militer baru yang didirikan keluarga Ashikaga di Muromachi.di Kyoto. Masa Muromachi berlangsung selama lebih dari dua abad, yaitu dari tahun 1338 sampai tahun 1573. selama periode ini, disiplin bushido yang keras tampak dalam kegiatan estetika dan agama. Selama berkuasa keshogunan di Muromachi mendapat tantangan dari kelompok-kelompok saingan dari daerah-daerah lain di negeri itu. Akhir abad keenambelas, Jepang terpecah belah oleh perang saudara di mana penguasa-penguasa daerah bertempur merebut supremasi. Akhirnya ketertiban dipulihkan kembali oleh Jenderal besar Toyotomi Hideyosi pada tahun 1590. Usahanya dalam mendamaikan dan mempersatukan Jepang dikukuhkan oleh Tokugawa Ieyasu, pendiri keshogunan Tokugawa. Ieyasu pada tahun 1603 mendirikan keshogunan di Edo yang sekarang dikenal sebagai Tokyo. Ini merupakan titik pergantian utama dalam sejarah Jepang. Ieyasu menciptakan bentuk acuan bagi hampir setiap aspek dari kehidupan bangsa Jepang selama 265 tahun berikutnya, terutama lembaga-lembaga politik dan sosial. Keshogunan Tokugawa menutup pintu Jepang dari dunia luar pada tahun 1639.


DAFTAR PUSTAKA
The International Society for Educational Information, Inc. Jepang Dewasa Ini. Japan: International Society for Educational Information, Inc Press,1989



oleh King Buana.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar