Kamis, 10 Desember 2009

Mimpi-Mimpi Einstein (Alan Lightman)

Susunan kata-kata yang indah di dalam buku ini, membawa kita teralun ke dalam imajinasi, membawa kita melewati ruang dan waktu tanpa batas memasuki pikiran batin seorang Einstein. Membuka mata kita mengenai realitas, satu fakta yang baru kita sadar saat kita membaca tulisan-tulisan di buku ini. Satu teori besar, Teori Relativitas Waktu penemuan Albert Einstein dikemas ke dalam satu novel imajinatif yang membuat kita mengerti apa itu relativitas waktu. Buku ini menyampaikan gagasan-gagasan Einstein dengan baik, sangat memperlihatkan kejenakaan intelektual Einstein. Kalimat-kalimat ganjil dalam buku ini sangat penuh rahasia, dan cerdas bagaikan puisi.

Satu Dunia yang tidak pernah kita terbayangkan ada. Satu gambaran akan dunia yang abstrak dimana waktu banyak bentuknya, waktu di dalamnya sangat teracak-acak. Satu dunia tanpa masa depan, tanpa masa kini, dan tanpa masa lalu, satu dunia memiliki waktu dimana-mana, satu dunia yang hanya memiliki satu hari, satu dunia yang tidak ada waktu, satu dunia dimana waktu terhenti, satu dunia dimana orang-orang didalamnya hidup selamanya. Diceritakan dengan jelas orang-orang yang berada di dalam dunia itu ikut terbawa waktu, tatanan sosial yang terjadi apabila waktu memiliki sifat sedemikian relatif. Dunia-dunia abstrak seperti ini yang tidak akan kita temukan walaupun pada lukisan surealis karya Salvador Dali, suatu teori yang dengan unik dibentuk dan dikuaskan dengan indah dalam satu buku.

Dunia berbentuk lingkaran, semua orang di dalamnya mengikuti lingkaran tanpa berubah sedikitpun, apakah anda tidak sadar bahwa selama ini kita berada di dunia seperti ini? Sadarkah anda, anda hanya melakukan hal yang sama tiap hari, hal yang berulang-ulang setiap hari? kebanyakan dari kita tidak sadar, seorang mahasiswa tidak sadar bahwa hari ini dia hanya akan berangkat dari tempat tinggalnya menuju kampus dan belajar, seorang dosen tidak sadar hari ini dia hanya akan berangkat dari tempat tinggalnya menuju kampus dan mengajar. Salah satu kalimat di dalam buku ini yang saya kira cukup mewakilkan kehidupan rutin banyak orang.

-moi




Tidak ada komentar:

Posting Komentar