Selasa, 24 November 2009

Mencoba Meluruskan Pandangan orang-orang tentang Antropologi


Sebenernya gw juga masih kurang ilmu buat ngejelasin apa itu antropologi, tapi yang jelas gw hanya coba meluruskan pandangan kebanyakan orang yang menganggap antropologi itu belajar tentang kebudayaan kuno doang, apalagi lebih parah banyak orang yang menganggap kalau antropologi itu yang gali-gali tulang,itu mah ARKEOLOGI..zzz..gw nulis blog ini gara2 kesel aja ngeliat pandangan orang yang sempit tentang antrop..

inilah beberapa pengertian tentang antropologi :


Antropologi adalah studi tentang umat manusia, berusaha menyusun generalisasi yang bermanfaat tentang manusia dan perilakunya serta untuk memperoleh pengertian yang lengkap tentang keanekaragaman manusia(William A. Havillan)

Antropologi adalah ilmu yang lahir dari keingintahuan yang tidak terbatas tentang umat manusia (David Hunter)

Antropologi adalah ilmu yang mempelajari umat manusia pada umumnya dengan mempelajari aneka warna bentuk fisik masyarakat serta kebudayaan yang dihasilkan (Koentjaraningrat)

Jadi setelah melihat beberapa pengertian di atas, sebenarnya kajian antropologi itu luas..ilmu ini mempelajari manusia hampir secara keseluruhan, baik masyarakat modern ataupun masyarakat yang masih sederhana.

Bahkan ada spesialisasi dalam antropologi ini, ada antropologi ekonomi, antropologi politik, antrpologi psikologis, antropologi medis, antropologi komunikasi, antropologi kependudukan dan lain-lain.

Memang di antropologi ada yang namanya antropologi Fisik. Antropologi fisik dalam arti khusus adalah bagian dari ilmu antropologi yang mencoba mencapai suatu pengertian tentang sejarah terjadinya keberagaman manusia dipandang dari sudut ciri-ciri tubuhnya, yang memakai sebagai bahan penelitiannya ciri-ciri tubuh, baik secara fisik ataupun genetis. Tapi antropologi Fisik berbeda dengan yang namanya antropologi budaya,sosial,atau antropologi terapan.

kalau antropologi budaya,sosial dan lain-lain itu lebih mempelajari manusia secara keseluruhan...misalkan mempelajari suatu fenomena sosial dalam masyarakat dan dikaitkan dalam pengaruhnya terhadap gaya hidup, kebudayaan mereka baik dalam mata pencaharian, sistem hukum adat mereka, dan lain-lain. contohnya kayak gini, masyarakat jawa yang tadinya banyak yang bermata pencaharian petani berubah menjadi pekerja kantoran atau profesi yang lain,karena mereka melakukan urbanisasi. dalam antropologi kita mempelajari perilaku mereka yang seperti ini. dengan mempelajarinya kita dapat mengetahui hal-hal apa saja yang mempengaruhi suatu masyarakat, kita tahu perbedaan-perbedaan setiap masyarakat yang ada di Indonesia dan nantinya kita bisa membantu dalam pembangunan dan pemerataan di Indonesia dengan menggunakan ilmu antropologi. Itu hanya sedikit penjelasan mengenai antropologi sosial dan sedikit tentang contoh penggunaannya.

itulah sedikit penjelasan gw tentang antropologi yang tentu saja masih banyak salahnya apalagi kekurangan karena gw masih semester 1,hehe... tapi gw cuma mencoba aja memberikan sedikit pencerahan mengenai antropologi supaya orang-orang pikirannya ga sempit lagi kalau mendengar kata Antropologi.

moii-




1 komentar: